Sejarah Desa Margomulyo

  15 Maret 2017  |  DESA MARGOMULYO

Desa Margomulyo awalnya merupakan wilayah dari Desa sepanjang yang berada di ujung utara Desa. Tepatnya, di sebelah selatan dataran tinggi Gunung Raung dan Berdekatan dengan Hutan Lindung. Pada Tahun 1995 Desa Sepanjang  di pecah menjadi dua wilayah yaitu Desa Sepanjang yang merupakan Desa Induk Dan Desa Margomulyo sebagai Desa Pecahan. Dasar Pemecahan tersebut tercatat Dalam Keputusan Kepala Desa Sepanjang No 1 Tahun 1995.

Hal iitu dilakukan seiring dengan perkembangan waktu dan dan semakin banyaknya jumlah penduduk serta kebutuhan terhadap pelayanan masyarakat yang setiap tahunnya mengalami Peningkatan secara signifikan. oleh karena itu, Tokoh Masyarakat yang berada di wilayah Desa pecahan memperjuangkan pembentukan Desa melalui Proses Pemekaran Desa. pada tahun 1999 Desa Margomulyo resmi berubah statusnya dari Desa pecahan menjadi Desa Persiapan.

Pada awal berdirinya Desa Persiapan Margomulyo memiliki 4 Dusun yakni Dusun Ramiyan, Dusun Kampungbaru, Dusun Sumbermulyo, Dusun Perkebunan Glenmore. dan Pusat Pemerintahannya berada di Dusun Ramiyan. sedangkan orang yang ditunjuk pertama kali sebagai Penjabat Sementara (Pjs) Sdr. Umar. Ia bertugas untuk menjalankan roda Pemerintahan sampai menjadi Desa Definitif. mengenai nama Margomulyo itu sendiri menurut Legenda atau Cerita Masyarakat Sekitar. Nama Margomulyo diambil dari kata "Margo" yang berarti jalan dan "Mulyo" yang berarti sejahtera.

Pada Tahun 2002, akhirnya Desa Margomulyo menjadi Desa Definitif  dan secara resmi melepaskan diri dari Desa Sepanjang. sebagai bentuk perwujudan terhadap aspirasi masyarakat setelah bertahun-tahun lamanya. Masyarakat dan Lembaga yang ada di Desa sepakat untuk memperpanjang Pjs Desa Margomulyo dan Menjadikan Sdr Umar sebagai Pj Kepala Desa Margomulyo sampai dengan dapatnya diselenggarakan Pemilihan Kepala Desa yang baru secara Demokratis.

Pada tahun 2004, Pemerintahan Desa Margomulyo dan Tokoh Masyarakat menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa secara langsung untuk Pertama kalinya. dan pada tahun tersebut membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Adapun yang mendaftar ialah 3 (Tiga) orang bakal calon yaitu  : Sdr Zainal Abidin (Alm), Sdr Sahudi Sulisko dan Sdr Ibrohim dan berkat hasil dari Pilihan masyarakat Desa Margomulyo Sdr. Zainal Abidin (Alm) terpilih dan ditetapkan menjadi Kepala Desa Margomulyo Pertama secara Definitif. 

Contact Details

  Alamat :   Jl Flamboyan No 25 PO.BOX 220 Margomulyo Glenmore Banyuwangi
  Email : Desamargomulyo2002@gmail.com
  Telp. :
  Instagram : @desamargomulyo
  Facebook : https://www.facebook.com/margomulyo.view
  Twitter : @desa_margomulyo


© 2017,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi